Kamar Sempit Tanpa Tempat Tidur, Bisa Juga...

KOMPAS.com - Apa sih sebetulnya yang diperlukan dalam sebuah kamar tidur? Sebenarnya tak banyak, kok . Masalah akan selesai ketika kita bisa tidur dengan nyaman tanpa gangguan.

Kendala terbatasnya lahan seperti menghantui siapa saja. Alhasil, hunian-hunian yang ditawarkan pengembang pun semakin sempit. Untuk tipe studio, contohnya, luasnya tak kurang dari 18 meter persegi. Paling banter 24 meter persegi.

Tapi tenang, selama kita kreatif, pasti ada jalan keluar untuk mengatasinya. Mari kita berkreasi untuk kamar tidur.

Meski tak terlalu besar, ruangan bisa disiasati agar terlihat lega namun tetap fungsional. Selain itu, tentu saja tetap manis dan estetis.

Caranya memang sedikit tidak konvensional, yaitu meniadakan tempat tidur. Bagaimana bisa tempat tidur dihilangkan dari kamar?

 

Sofa tidur (dikenal juga dengan sofa bed) relatif mahal ketimbang sofa biasa. Cermat dalam memilih sofa tidur mampu membawa banyak keuntungan pada keluarga Anda.
Sofa tidur (dikenal juga dengan sofa bed) relatif mahal ketimbang sofa biasa. Cermat dalam memilih sofa tidur mampu membawa banyak keuntungan pada keluarga Anda. Houzz.com

Dengan adanya sofa bed atau dipan, urusan tidur tentu tak masalah. Di negara seperti Jepang yang populasi penduduknya sangat padat, hal seperti ini banyak dilakukan.

 

Ukuran sofa bed yang lebih kecil dibanding tempat tidur mampu menghemat tempat. Untuk menambah kecantikan ruang, lengkapi saja dengan bantal-bantal imut agar tidur lebih nyaman.

Dengan ukuran tidak terlalu besar, ruangan pun masih menyisakan area untuk menaruh meja kerja. Lebih efisien dibandingkan dengan mengunakan tempat tidur, bukan?

Namun, jika sudah kepepet, jangan takut untuk menabrak kebiasaan. Yang penting, kebutuhan terpenuhi dan kita merasa nyaman di dalamnya. Bagaimana?

EditorHilda B Alexander


Komentar